Sabtu, 07 April 2018 - 12:05:57 WIB
PILEG 2019 MAGETAN 5 DAPIL
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 414 kali

KPU RI PUTUSKAN 5 DAPIL PILEG 2019 UNTUK DPRD KABUPATEN MAGETAN

MAGETAN(07/04/2018) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan telah melakukan rangkaian panjang proses Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2019. Menyusun penataan Dapil, melakukan  uji publik, menerima masukan dari pihak terkait seperti tokoh masyarakat dan partai politik serta menyampaikan usulan Ke KPU RI

Hendrad Subyakto Ketua KPU  Kabupaten Magetan mengatakan bahwa dalam penyusunan Dapil Pemilu 2019  memperhatikan beberapa prinsip meliputi kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu proporsional,  harus berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan tentunya harus berkesinambungan.

"diupayakan nilai suara setiap kursi dari dapil dengan dapil yang lain ada kesetaraan dan jumlah kursi yang besar dalam pembentukan dapil dengan memperhatikan keseimbangan." Terangnya.

integralitas wilayah merupakan prinsip yang memperhatikan keutuhan wilayah, dengan memperhatikan kondisi geografis dan sarana disamping dapil yang dibentuk harus dalam cakupan besar (Dapil DPRD Provinsi).

Daerah yang menjadi kesatuan dalam dapil harus memiliki Kohesivitas dengan memperhatikan aspek sejarah, adat istiadat dan kelompok minoritas disamping penataan dapil harus memperhatikah kesinambungan dengan Dapil Pemilu sebelumnya." Tandasnya.

Ditambahkan Hendrad KPU RI sudah menetapkan Keputusan Nomor 278/PL.01.3-Kpt /06 /KPU /IV /2018 Tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di WilayaH Provinsi Jawa Timur dalam Pemilu tahun 2019,untuk Kabupaten Magetan ada 5 Daerah Pemilih (45 Kursi)  untuk DPRD Kabupaten Magetan 2019 meliputi DP Magetan 1 ( 8 kursi) meliputi kecamatan Magetan , Ngariboyo,  Parang ,DP Magetan 2 ( 11 kursi) meliputi kecamatan Panekan, Plaosan, Poncol, Sidorejo,DP Magetan 3 ( 8 kursi)  meliputi kecamatan Barat,Karangrejo,Karas,Kartoharjo,DP Magetan 4 ( 8 kursi) meliputi kecamatan Bendo, Maospati, Sukomoro, DP Magetan 5 (10 kursi)  meliputi kecamatan Kawedanan, Lembeyan, Nguntoronadi, Takeran.(sgt)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)