Rabu, 07 Februari 2018 - 15:56:04 WIB
UJI PUBLIK DAPIL MAGETAN
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 157 kali

MAGETAN (kpud-magetankab.go.id) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan  setelah beberapa kali melakukan Focus Group Disscusion terkait daerah pemilihan hari ini Rabu (07/02/2018) Melakukan uji publik usulan daerah pemilihan DPRD Kabupaten Magetan  untuk Pemilihan Umum 2019 dengan mengundang sejumlah tokoh masyarakat,organisasi kemasyarakatan,partai politik,beberapa kepala desa di RM Harmada Magetan.

Hendrad subyakto Ketua KPU Magetan mengawali pembukaannya dengan menyampaikan 7 prinsip dalam penataan dapil  dan alokasi kursi sesuai amanat Pasal 185 UU Nomor 7 tahun 2017.

Pertama, prinsip kesetaraan suara yang mengupayakan harga kursi yang setara antar satu Dapil dengan Dapil yang lain.

Kedua, prinsip ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional yakni mengutamakan jumlah kursi besar dalam pembentukan Dapil.

Prinsip proporsional memperhatikan keseimbangan alokasi kursi antar Dapil.

Prinsip integritas wilayah memperhatikan keutuhan wilayah dan keterpaduan wilayah dengan memperhatikan kondisi geografis dan sarana penghubung.

Prinsip coterminus Dapil yang dibentuk harus dalam cakupan Dapil tingkatan yang lebih besar (yaitu Dapil DPRD Provinsi).

Prinsip kohesivitas memperhatikan aspek sejarah, kondisi sosial budaya adat istiadat dan kelompok minoritas.

Terakhir prinsip kesinambungan, yaitu penataan Dapil yang memperhatikan komposisi Dapil pada pemilu sebelumnya.

Dilanjutkan Nur Salam Anggota KPU Magetan dengan memaparkan beberapa simulasi jumlah dapil di kabupaten magetan dengan tetap memperhatikan 7 prinsip penataan dapil.

Sesi diskusi menjadi sangat menarik karena terjadi perbedaan keinginan jumlah dapil yang di inginkan dengan berbagai argumentasinya,beberapa menghendaki lebih menekankan kedekatan dewan dengan konstituennya,juga ada yang menginginkan penataan dapil memberikan kesempatan peluang yang sama antara Partai besar dengan Partai Kecil,serta penataan dapil tetap melihat sejarah penataan dapil pada pemilu sebelumnya.

Diakhir sesi Ketua KPU Magetan Hendrad Subyakto berharap kepada semua peserta agar segera memberikan masukan tertulis kepada KPU Magetan terkait penataan dapil dengan disertai argumen ilmiahnya serta tetap memperhatikan 7 prinsip penataan dapil agar bisa menjadi pertimbangan kuat KPU RI dalam menetapkan jumlah dapil di Kabupaten Magetan.(sgt)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)