Jumat, 29 Desember 2017 - 08:13:50 WIB
PPDP SEGERA VALIDKAN DATA PEMILIH
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 1828 kali

MAGETAN (kpud-magetankab.go.id) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan  dalam tahapan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih. Keberadaan PPDP memiliki peran penting karena menjadi ujung tombak penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018.

"Petugas PPDP ini yang menjalankan pemutakhiran data untuk keperluan data pemilih, baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan yang sama-sama akan diselenggarakan serentak pada 27 Juni 2017," kata Komisioner KPU Magetan Nur Salam di sela Rapat Kerja dengan PPK.

Sebelum bertugas kepada mereka akan diberikan bimbingan teknis terlebih dahulu seputar tugas yang harus dilaksanakan.

Tugas utama PPDP

Adapun yang menjadi tugas PPDP ialah melakukan pencocokan dan penelitian terhadap Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum RI melalui KPU Jawa Timur.

"Coklit dilakukan langsung dengan cara mendatangi rumah ke rumah nama-nama warga yang tercantum di suatu TPS. Jika ada data yang tidak lagi sesuai, atau justru ada yang belum terdaftar bisa dilakukan perbaikan," katanya.

Satu bulan waktu yang diberikan kepada PPDP untuk melaksanakan coklit pada periode 20 Januari-18 Februari 2018. Hasil kerja PPDP ini akan menjadi cikal bakal Daftar Pemilih Sementara.

"DPS nanti diinput lagi oleh Petugas Pemungutan Suara ke Sistem Informasi Data Pemilih hingga akhirnya menjadi Daftar Pemilih Tetap,Kami akan lakukan monitoring terhadap kinerja PPD dilapangan" katanya.

Rangkaian tahapan pemeriksaan berulang terkait data pemilih ini dilakukan demi akurat / Validitas data. (sgt).




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)