Rabu, 06 Desember 2017 - 10:30:15 WIB
MEDSOS SENJATA KEKINIAN PUBLIKASI PILKADA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 57 kali

 

 BONDOWOSO (kpud-magetankab.go.id) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan Yuli Akhmada, jurnalis surya.co.id dalam acara Bimbingan Teknis Kehumasan, Media Center dan Pelayanan Informasi Pilkada Serentak 2018, di Hotel Ijen View Bondowoso, Selasa (5/12/2017) bahwa dalam memaksimalkan peran publik terutama pemilih dalam Pilkada Serentak Tahun 2018, Bagian Humas ditingkat KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota perlu menyebarkan informasi via media sosial (medsos). Dalam update di medsos lebih menonjolkan segi visual, bukan sekadar teks.

Dijelaskan Yuli, banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk membantu publikasi Pilkada Serentak 2018. Beberapa diantaranya bisa melalui facebook live streaming, twitter, instagram dan youtube. Tentu, juga menjadi kebutuhan disampaikan dalam laman website.

Dalam kontek kekinian, publikasi murah meriah dan tanpa anggaran bisa dilakukan dengan facebook (FB) live streaming . Yuli memaparkan siasat agar FB live streaming bisa maksimal, minimal dengan mengabarkan jadwal adanya tayangan tersebut beberapa hari sebelumnya melalui media sosial (medsos).

“Terpenting agar bisa banyak yang ngelike, minta teman dan kolega untuk share FB live streaming ke akun masing-masing,” terang Yuli.

Terkait dalam berita tertulis di website juga perlu dilengkapi video hasil FB live streaming minimal dengan cara melampirkan di jaringan (link) berita. “Tampilkan saja di laman website, biar bisa diakses langsung oleh pembaca. Itu penting dalam pulikasi kekinian,” Jelasnya.

Marsono Anggota KPU Magetan menjelaskan dari data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) telah mengumumkan hasil survei Data Statistik Pengguna Internet Indonesia tahun 2016 Jumlah pengguna Internet di Indonesia tahun 2016 adalah 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Pengguna internet terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna 86.339.350 user atau sekitar 65% dari total penggunan Internet. Jika dibandingkan penggunana Internet Indonesia pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta user, maka terjadi kenaikkan sebesar 44,6 juta dalam waktu 2 tahun (2014 – 2016).

Tentu data / fakta ini menggembirakan, nitizen bisa menjadi salah satu target sosialisasi ,Terang Marsono.

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)