Selasa, 30 Mei 2017 - 11:02:23 WIB
RPP Itu Bernama “Jalak Lawu”
Diposting oleh : Administrator
Kategori: artikel - Dibaca: 142 kali

 

 

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia membuat gebrakan baru berupa Program Prioritas Nasional terkait pendidikan pemilih dengan membentuk Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 15 (lima belas) KPU propinsi/KIP Aceh dan 273 (dua ratus tujuh puluh tiga) KPU/KIP Kabupten/Kota se Indonesia. Tidak hanya itu, KPU RI juga menginstuksikan KPU propinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupten/Kota se Indonesia melalui Surat KPU RI nomor : 54/KPU/I/2017, tertanggal 16 Januari 2017 agar membentuk RPP pada triwulan I ( Januari – Maret 2017).

 

Tujuan umum pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) adalah meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu menjadi pusat informasi kepemiluan. Adapun tujuan khususnya adalah memperkenalkan nilai nilai dasar pemilu dan demokrasi bagi pra pemilih, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi bagi seluruh segmen, serta menanamkan kesadaran nilai nilai berdemokrasi juga bagi seluruh segmen.

 

Menindaklanjuti surat KPU RI nomor : 54/KPU/I/2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan pun segera menindaklanjutinya dengan berusaha membangun rpp sesuai petunjuk yang dikeluarkan oleh KPU RI. Rapat demi rapat dilakukan dengan melibatkan semua komponen yang ada di KPU Kabupaten Magetan, mulai dari komisioner, sekretaris, kasubag, sampai staf. KPU Magetan juga belajar dari eksternal baik KPU propinsi Jawa Timur maupun KPU yang sudah membangun rpp.

 

Langkah awal yang ditempuh KPU Kabupaten Magetan adalah merumuskan nama rpp. Melalui pleno, rapat rapat, diskusi, termasuk dengan dilombakan di lingkungan internal KPU Kabupaten magetan, sampai akhirnya diputuskan nama rpp KPU Kabupaten Magetan adalah “Jalak Lawu”. Bukan tanpa alasan pemakaian nama Rumah Pintar Pemilu “Jalak Lawu”. Filosofi dari nama tersebut adalah bahwa KPU Kabupaten Magetan siap menjaga dan melaksanakan pemilihan umum. KPU diibaratkan Jalak Lawu yang siap memandu pemilih menjadi pemilih yang cerdas dan siap mengawal pemilih hingga bisa menggunakan hak pilihnya, dan apabila ada sesuatu pada pemilih, KPU siap selalu membimbing, baik bagi mereka yang punya hak pilih maupun hak dipilih. Dipilihnya nama “Jalak Lawu” juga memasukkan unsur budaya lokal Kabupaten Magetan.

 

Setelah nama rpp diputuskan yaitu rpp “Jalak Lawu”, KPU Kabupaten Magetan melanjutkan pembangunan rpp dengan mengikuti ketentuan KPU RI paling akhir bulan Maret 2017 harus sudah diresmikan. 31 Maret 2017 menjadi moment bersejarah bagi KPU Kabupaten Magetan, karena pada tanggal itu akhirnya rpp “Jalak Lawu” dilaunching dan diresmikan oleh ketua KPU propinsi Jawa Timur Eko Sasmito, SH, MH. Sesuai nama dan budaya lokal yang diangkat, maka saat launching ditampilkan tari jalak lawu.

 

Di dalam rumah pintar pemilu “Jalak Lawu” KPU Kabupaten Magetan berisikan materi-materi kepemiluan dan demokrasi sebagai bahan pendidikan pemilih disajikan dalam bentuk maket dengan box, acrylic, cetak poster, lampu led. Materi dan Inovasi rumah pintar pemilu “Jalak Lawu” yang tersedia di KPU Kabupaten Magetan meliputi :

  1. Sejarah Pemilu

Konten sejarah pemilu disajikan berupa materi penyelenggara pemilu yang mencakup penyelenggaraan pemilu yang mencakup penyelenggara, peserta, sistem, dan hasil pemilu. Materi sejarah pemilu ditampilkan dalam bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Pentingnya Pemilu dan Demokrasi

Konten berisi pernyataan yang inspiratif tentang pentingnya Pemilu dan demokrasi. Materi ini disajikan dalam bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Sistem Pemilu

Konten Sistem Pemilu meliputi penjelasan sistem pemilu (Proporsional terbuka, Distrik Perwakilan, atau Campuran). Materi ini disajikan dalam bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Tahapan Pemilu

Konten tahapan pemilu meliputi tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Walikota. Tahapan tersebut antara lain pembentukan badan adhoc, pemuktahiran data pemilih, pendaftaran calon peserta pemilu, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, dan penetapan calon terpilih. Materi ini disajikan dalam bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Peserta Pemilu (Pileg dan Pilpres)

Konten Peserta Pemilu meliputi (Partai politik dan perseorangan) dalam Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilukada. Materi ini disajikan dalam bentuk dan ukuran 40 x 110 cm visual bahan sticker vynil ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan bahan kayu 3 mm single, penerangan LED strip serta Pemilu Presiden dan wakil Presiden disajikan dalam bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Proses Pemilihan

Konten Proses Pemilihan meliputi tata cara pemungutan suara dan perhitungan suara serta denah pemungutan suara di TPS. Materi ini disajikan dalam bentuk dan ukuran  45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight. Maket Miniatur Proses Pemilihan dengan ukuran 60 x 80 cm penyangga bahan multipleks, memakai tutup kaca. Sedangkan Denah Pemungutan Suara di TPS disajikan dalam bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Profil Penyelenggara Pemilu

Konten Profil Penyelenggara Pemilu meliputi Struktur Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Struktur Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur dan Struktur Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan. Materi ini disajikan dalam 3 (dua) unit yaitu pertama struktur Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight trip, Kedua struktur Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur bentuk dan ukuran 45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight dan struktur Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan bentuk dan ukuran  45 x 123 cm visual bahan sticker ritrama, cetak warna high resolution. Bidangan multiplex 1 cm single, penerangan downlight.

  1. Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2008

Materi ini disajikan dalam bentuk cetakan dan ukuran 30 x 45 cm dengan pigura.

  1. Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2013

Materi ini disajikan dalam bentuk cetakan dan ukuran 30 x 45 cm dengan pigura




13 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)