Selasa, 30 Mei 2017 - 02:19:35 WIB
14 Tips Berpuasa Sambil Bekerja agar Lancar dan Tetap Semangat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: artikel - Dibaca: 2 kali

Kita sebagai umat islam berbahagia Puasa ramadhan adalah puasa yang wajib hukumnya dikerjakan oleh umat islam. Puasa juga merupakan tanda bahwa kita beriman kepada Allah SWT dan mematuhi perintahnya. Puasa ramadhan berbeda dengan puasa sunnah dalam hal hukum namun memiliki tata cara yang sama (baca macam-macam puasa sunah). Sama seperti puasa sunah termasuk puasa senin kamis (baca keutamaan puasa senin kamis), puasa arafah ( baca keutamaan puasa arafah), puasa daud ( baca keutamaan puasa daud) atau puasa rajab (baca keutamaan puasa rajab), puasa ramadhan dikerjakan dari mulai terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari saat senja. Puasa ramadhan dikerjakan selama satu bulan penuh lamanya dan tidak boleh ditinggalkan tanpa uzur atau sebab yang tidak jelas.

Ibadah puasa semestinya dilakukan tanpa mengganggu aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari termasuk bekerja. Sebagai umat muslim kita hendaknya mengetahui bahwa bekerja juga merupakan ibadah yang apabila dikerjakan bisa mendatangkan pahala terutama saat bulan ramadhan. Lalu bagaimana agar kita tetap sehat dan lancar berpuasa sambil tetap bekerja? Untuk mengetahuinya simak Tips Berpuasa Sambil Bekerja :

1. Tetapkan niat

Sesuatu bisa terlaksana apabila diniati dengan tulus. Jika anda ingin tetpa berpuasa sambil bekerja maka kekuatan utama yang harus anda miliki sebelum mulai berpuasa adalah niat. Jangan jadikan puasa sebagai alasan malas bekerja atau sebaliknya bekrja dijadikan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Ingatlahbahwa Rasullullah SAW pun tetap beraktifitas, bekekerja dan bahkan berperang saat menjalankan ibadah puasa ramadhan. Puasa yang dijalani hendak memperkuat diri kita untuk beribadah dan bekerja untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

2. Bangun lebih awal

Jika anda tetap berpuasa dan harus bekerja keesokan harinya maka bangunlah lebih awal saat sahur dan konsumsi lebih banyak makanan. Hal ini bisa membuat nutrisi anda tercukupi selama berpuasa dan menjaga pasokan energi dalam tubuh. Dianjurkan agar setelah sahur anda tidak meneruskan tidur karena bisa jadi anda akan melewatkan shalat subuh.

3. Perbanyak sayur dan buah

Puasa memang seringkali membuat tubuh lemas dan kehilangan tenaga namun satu hal yang sering diremehkan adalah konsumsi sayur dan buah. Konsumsi sayur dan buah sangatlah penting saat berpuasa. Buah dan sayur mengandung serat yang lambat dicerna dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses metabolisme energi dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap fit selama berpuasa. Oleh karena itu ingatlah untuk mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur maupun berbuka puasa.

4. Jauhi godaan

Saat dikantor atau ditempat kerja mungkin anda akan menemui banyak godaan misalnya makanana yang dijual atau rekan kerja yang tidak berpuasa dan tetap menyantap makanan saat bekerja. Hal ini bisa diantisipasi dengan tetap fokus pada pekerjaan dan menjauhi godaan tersebut. Jangan menyimpan makanan dalam laci meja kerja anda karena hal ini juga bisa menjadi godaan berat saat berpuasa sambil bekerja.

5. Hindari pembicaraan batil

Puasa tidak hanya menahan lapar akan tetapi juga menghindari segala sesuatu atau perbuatan yang buruk seperti membicarakan orang lain, marah atau hal lain yang bisa membatalkan puasa. Biasanya saat bekerja atau di kantor, kita sering melalukan aktifitas yang bisa jadi membatalkan [puasa yakni bergosip atau bergunjing. Menggunjing adalah salah satu perbuatan buruk dan bisa mengakibatkan batalnya puasa seseorang.

6. Perbanyak membaca Alqur’an

Sempatkan untuk membaca Alqur’an saat jam kerja istirahat karena tentu saat jam istirahat dalam bulan ramadhan anda tidak perlu pergi ke kantin untuk makan siang. Isilah waktu luang dengan hal yang lebih bermanfaat. Selepas shalat dhuhur, anda bisa membaca alqur’an sejenak ( baca manfaat baca Alqur’an setiap hari ) dan melepaskan penat. Yakinlah bahwa anda akan merasa lebih segar setelah shalat dan membaca Alqur’an serta lebih fokus saat melanjutkan pekerjaan. Saat ini anda bisa dengan mudah membaca Alqur’an dimanapun misalnya melalui gadget atau anda juga bisa mendengarkan lantunan ayat-ayat Alqur’an dari aplikasi pemutar lagu.

7. Banyak berzikir

Selain melakukan shalat wajib, selalu mengingat Allah SWT adalah salah satu tanda orang beriman. Dalam berpuasa terutama di tempat kerja ada baiknya kita sebagai umat islam selalu mengingat Allah SWT dan berzikir karena keutamaan berzikir sangatlah banyak. Hati yang berzikir akan senantiasa tenang dan hal ini bisa membuat puasa menjadi lebih ringan. Berzikir juga bisa dilaksanakan kapan saja saat anda sedang bekerja maupun sedang beristirahat dengan melafalkan kalimah istigfar, tahmid, tasbih dan lafal zikir lainnya di dalam hati.

8. Bersabar

Saat bekerja biasanya banyak hal yang membuat kita merasa emosi atau marah. Rekan kerja, bos atau pekerjaan yang menumpuk bisa menimbulkan stress dan rasa kesal. Meskipun demikian puasa juga melatih kesabaran kita dan bagaimana kita bisa mengatasi semua tekanan dalam pekerjaan. Perbanyak istigfar dan tetap bersabar saat berpuasa bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

9. Sempatkan berolahraga

Jika anda bekerja dan berpuasa di saat yang sama dan jika anda memiliki waktu setelah bekerja atau saat libur weekend, sempatkan diri anda untuk berolahraga karena berolahraga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan stamina dan membuat anda tidak cepat merasa lelah.

10. Istirahat sejenak

Saat bekerja mungkin anda akan merasa letih dan pegal. Regangkan otot anda dan rilekslah sejenak saat bekerja dan berpuasa. Jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu berat, istirahatlah saat anda merasa lelah.

11. Tidur lebih awal

Istirahat dan tidur yang cukup bisa membantu mengembalikan vitalitas anda selama bekerja. Jika anda rutin bekerja setiap harinya maka tidurlah lebih awal dan bangunlah lebih awal juga terutama saat sahur. Hal ini bisa membantu memulihkan stamina anda yang turun setelah bekerja.

12. Makan menu seimbang saat sahur dan berbuka

Menu makan selama puasa juga menentukan tingkat energi dan vitalitas. Pilihlah menu makanan yang cukup mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Asupan nutrisi ini berperan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit serta meningkatkan stamina. Anda bisa mengkonsumsi makanan manis atau takjil saat berbuka (baca manfaat takjil ) dan dianjurkan juga untuk mengkonsumsi susu, jus buah atau sayuran dalam porsi yang lebih besar.

13. Hindari kafein

Kafein biasa dikonsumsi saat bekerja untuk menghindari rasa kantuk. Hal ini akan semakin berat terutama saat berpuasa karena tidak mungkin anda bisa meminum kopi saat bekerja di siang hari. Hindari konsumsi kafein saat sahur dan berbuka puasa karena bisa menyebabkan dehidrasi atau masalah lambung.

Tidak hanya dalam kopi, kafein juga bisa ditemukan dalam minuman soda yang biasa diminum saat berbuka puasa. Bijaksanalah dalam memilih makanan serta minuman agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa dan bekerja.

14. Perbanyak ibadah

Daripada menghabiskan waktu luang anda dikantor dengan bergosip atau ngobrol dengan rekan kerja, akan lebih baik jika menghabiskan waktu dengan memperbanyak ibadah seperti melaksanakan shalat sunah seperti shalat dhuha maupun melakukan ibadah lainnya. Menghabiskan waktu sejenak untuk shalat dhuha (baca keutamaan shalat dhuha ) di kantor akan membuat anda merasa lebih tenang dan fokus dalam pekerjaan. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengajak rekan kerja untuk shalat dhuhur atau shalat ashar berjamaah di kantor atau ditempat kerja anda (baca keutamaan shalat ashar berjamaah)

Demikian Tips Berpuasa Sambil Bekerja. Semoga ibadah puasa yang dijalani diterima oleh Allah SWT dan tidak mengganggu pekerjaan serta dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

 

http://dalamislam.com/puasa/tips-berpuasa-sambil-bekerja

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!




20 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)