Kelembagaan KPU

Pemilihan Umum merupakan perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis. Penyelenggaraan pemilu yang bersifat  langsung,  umum,  bebas,  rahasia,  jujur  dan  adil  hanya  dapat terwujud apabila Penyelenggara Pemilu mempunyai integritas yang tinggi serta memahami dan menghormati hak-hak sipil dan politik dari warga negara. Penyelenggara Pemilu yang lemah berpotensi menghambat terwujudnya Pemilu yang berkualitas

Sebagaimana   diamanatkan   Undang-Undang   Dasar   Negara   Republik Indonesia Tahun 1945, Penyelenggara Pemilu memiliki tugas menyelenggarakan Pemilu dengan kelembagaan yang bersifat nasional, tetap dan mandiri.

Salah satu faktor penting bagi keberhasilan penyelenggaraan Pemilu terletak pada kesiapan dan profesionalitas Penyelenggara Pemilu itu sendiri, yaitu Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sebagai satu kesatuan fungsi penyelenggaraan Pemilu. Ketiga institusi ini telah diamanatkan oleh undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu untuk menyelenggarakan Pemilu menurut fungsi, tugas dan kewenangannya masing-masing.

Keberadaan KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota saat ini memiliki landasan hukum yang sangat kuat. Selain didasarkan pada konstitusi negara pasal 22E  Undang-Undang Dasar 1945 juga telah memiliki Undang-Undang tersendiri yaitu  Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan yang ada saat ini merupakan periode keanggotaan ketiga yaitu periode 2014 – 2019 setelah sebelumnya periode kedua 2009 – 2014 dan periode pertama 2004 – 2009 menyelesaikan masa tugasnya setelah diperpanjang oleh KPU Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Propinsi Jawa Timur Nomor : 101/Kpts/KPU-Prov-014/2014 Tanggal 12 Juni 2014

Nama yang disahkan dan diangkat menjadi anggota KPU Kabupaten Magetan periode 2014 – 2019 adalah :

No.

Nama

1.

Hendrad Subyakto, S.Ap. M.Ap

2.

Poppy MS Putranto, S.Sos

3.

Edi Wiyono, S.Ip

4.

Marsono, S.Pd.I

5.

Nur Salam, S.Pd.I

 

Berdasarkan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu Pasal 10 telah diatur tentang Tugas, Wewenang dan Kewajiban KPU Kabupaten Magetan ( UU Nomor 15 Tahun 2011 )

 

Untuk lebih mengefektifkan kerja KPU Kabupaten Magetan, sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2008 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dan diubah dalam Peraturan KPU Nomor 21 Tahun 2008, maka dibentuk alat kelengkapan, berupa divisi-divisi, Kelompok Kerja atau tim yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Divisi dibentuk untuk memudahkan dan memfokuskan pelaksanaan program kerja KPU Kabupaten Magetan. Setiap divisi mempunyai mitra kerja dengan subbag-subbag pada Sekretariat KPU Kabupaten Magetan  yang berhubungan dengan kegiatan divisi.

Adapun Divisi yang dibentuk terdiri dari 5 (lima) divisi yang masing-masingnya dipimpin oleh satu orang anggota KPU Kabupaten Magetan, yaitu :

No.

Nama

Jabatan

Divisi

1.

Hendrad Subyakto, S.Ap. M.Ap

Ketua

-

2.

Marsono, S.Pd.I

Nur Salam S.Pd.I

Anggota

Anggota

Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi

3.

Edi Wiyono, S.IP

Marsono, S.Pd.I

Anggota

Anggota

Hukum Pengawasan, SDM dan Organisasi

4.

Nur Salam, S.Pd.I

Poppy MS Putranto, S.Sos

Anggota

Anggota

Teknis Penyelenggara dan Data

5.

Poppy MS Putranto, S.Sos

Edi Wiyono, S.IP

Anggota

Anggota

Perencanaan Keuangan, Logistik dan Urusan Rumah Tangga

Untuk menunjang serta memfasilitasi kebutuhan kerja serta pelaksanaan tugas-tugas KPU Kabupaten Magetan dibentuk Sekretariat KPU Kabupaten Magetan yang dipimpin oleh seorang Sekretaris. Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris KPU Kabupaten Magetan dibantu oleh 4 (empat) orang Kasubbag yang juga masing-masingnya mengepalai satu Subbag sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal  Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi dan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dan diubah dalam Peraturan KPU Nomor 22 Tahun 2008.

Sekretariat KPU Kabupaten Magetan dipimpin oleh seorang Sekretaris dengan eselonisasi Jabatan Struktural IIIa yang bertanggung jawab kepada KPU Kabupaten Magetan. Selama KPU Kabupaten Magetan terbentuk, telah mengalami 4 (empat) kali pergantian Sekretaris, sedangkan Kasubbag dilingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Magetan eselonisasi Jabatan Struktural IVa dengan susunan Sekretariat terdiri dari :

No.

Jabatan

Nama

1.

Sekretaris

Drs. Luhung Sumadi, M.Si

2.

Kasubbag Program dan Anggaran

Karno, S.Sos MM

3.

Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas

Bambang Murtijoso

4.

Kasubbag Hukum

Sujiono, S.Sos

5.

Kasubbag Umum

Siswo Laksono, SE

 

Pengumuman

Agenda Kegiatan

Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Pemilu 2018

Tim Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan…

01/07/2016 s/d 31/12/2016 Pukul 09:00 Kecamatan

Selengkapnya